Laman

Senin, 05 Maret 2012


Mobil keren masak berdebu?


Punya mobil sendiri? Atau masih pinjem sama bokap-nyokap? Jangan cuma bisa make, tapi bersihin juga dong!

Debu di dasbor bisa mengganggu pemandangan dan menjadi sumber penyakit kalau terhirup. Walaupun kadang debu itu tak tampak karena warna interior mobil sekarang ada yang cokelat susu, krem, beige dan sebagainya, ketika ‘disapu’ dengan jari atau telapak tangan tetap ketahuan.

Cara membersihkan dasbor enggak sulit kok. Siapkan terlebih dahulu peralatannya. Sekarang kan udah banyak alat dan bahan pembersih dasbor yang harganya gak mahal.

Pertama-tama, bersihkan dasbor menggunakan lap chamois atau handuk microfiber. Lap secara menyeluruh sampai sudut-sudut. Pastikan debu-debu yang terlihat menempel sudah hilang dengan mengusapkan jari.

Setelah itu, semprotkan vinyl protectant dan ratakan dengan handuk microfiber atau kain bersih, lebih diutamakan yang berbahan satin. Vinyl protectant adalah produk yang melindungi dan mempercantik interior dan eksterior mobil, dengan formula yang mengandung anti UV dan silicone untuk melindungi dari sinar UV matahari membuat dasbor menjadi mengkilap. Kamu bisa pilih yang low gloss atau yang high gloss kalau ingin dasbor kamu mengkilap betul.

Vinyl protectant dapat digunakan pada semua permukaan vinyl, karet, dan kulit pada interior dan eksterior mobil, seperti dasbor, bumper, lis body, karet pintu, jok kulit, sampai ke ban mobil. Fungsinya untuk melindungi dari retak dan kusam akibat pengaruh panas dan sinar UV matahari.

Kalau mau lebih rata dan menyeluruh, ada busa aplikator khusus untuk cairan vinyl protectant. Dengan busa ini, cairan vinyl protectant tidak akan menggumpal atau merembes karena penyemprotan berlebih. Cara menggunakannya adalah dengan mencelupkan busa ke cairan vinyl selama 3 sampai 5 menit agar menyerap sempurna, kemudian usapkan di permukaan dasbor dengan tekanan ringan. Kalau sudah, keringkan dengan handuk microfiber.
Lalu bagaimana dengan grill dan ventilasi AC? Untuk bagian-bagian ini ada peralatan khususnya. Yang paling mudah digunakan adalah sikat dan penyemprot udara bertekanan. Alternatifnya, kamu bisa menggunakan vacuum cleaner yang diset untuk menyembur, bukan menyedot.

Seringkali terdapat endapan debu di ventilasi. Kamu bisa pake cotton bud atau busa yang cukup tipis untuk mengangkat kotorannya, baru gunakan udara bertekanan untuk debu yang tersisa. Ini penting untuk mencegah debu pada ventilasi tertiup AC dan terhirup oleh kita. Juga menjaga suara speaker tetap jernih.

Untuk perawatan bagian-bagian kecil seperti ini, ada cairan pembersih khusus dalam bentuk aerosol. Cairan macam ini memiliki formula khusus yang mampu menembus dan mengisi pori-pori bahan hingga menjadikan lebih awet dan terlindungi. Tinggal disemprot aja ke celah-celah sempit seperti grill dan ventilasi, atau celah diantara konsol dasbor. Biasanya semprotan seperti ini dilengkapi dengan semacam sedotan kecil khusus untuk celah sempit dan dalam yang sulit dijangkau.

Enak kan kalau sudah bersih? Selanjutnya kalau ada debu yang hinggap lagi tinggal diseka aja pakai kemoceng.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar