Laman

Rabu, 07 Maret 2012

Cara Mencuci Mobil Dirumah Sendiri

Mencuci mobil di rumah adalah pilihan utama bagi yang menghemat pengeluaran ekstra untuk mobil, perlu teknik atau cara mencuci mobil di rumah yang tepat agar hasilnya tak jauh dari hasil mencuci mobil di automated car washes.
Kondisi mobil mencerminkan kondisi pemiliknya, bisa dilihat bagaiman karakter seseorang yang mobilnya dekil tak terawat. Lebih dari sekedar terlihat kinclong, mobil yang dibersihakan secara teratuir akan terhindar dari “pembusukan” sebelum waktunya. Paling enak memang mengguanakn jasa automated car washes, tetapi untuk itu dibutuhkan biaya ekstra.
Disamping itu kalau salah pilih jasa mencuci mobil, malah bisa-bisa finish cat akan tergores lapisan wax. Sekali saja lapisan finish rusak atau terkelupas, body akan mudah korosi
Karena itu, mencuci mobil sendiri dirumah adalah langkah terbaik. Baik, mari kita mulai!
Pertama, Gunakan selalu lap katun yang bersih dan lembut. Bisa juga memakai sarung tangan yang dibuat khusus untuk mencuci mobil. Menggunakan lap sembarangan ketika mencuci atau mengeringkan mobil akan menggores permukaan. Parkirlah mobil ditempat teduh dan landai agar air cuci lebih cepat mengalir dan mobil cepat kering.
Mulailah dengan mencuci velg. Cairan pembersih bekerja lebih baik pada permukaan yang kering. Semprotkan cairan pembersih seperti petunjuk pemakaian. Bila kotoran masih menempel, gosoklah dengan sikat lembut dengan tidak terlalu keras.
Cara mencuci body yakni dengan menyiram seluruh permukaanya dari atas ke bawah. Lebih baik menggunakan penyemprot air berbentuk pistol yang bisa di atur daya semprotnya. Jangan terlau kencang menyemprot karena justru akan mendorong kotoran masuk dalam lapisan finish.
Jangan lupa membersihkan bagian kolong dan sela-sela velg. Kalau masih ada kotoran yang tersisa gunakan pre-cleaning solution. Tuangkan cairan pada lap dan gosokkan pada kotoran yang menempel. Kotoran yang membandel bisa digosok agak keras. Hati-hati, bila terlau keras menggosok velg bisa rusak.
Anda wajib menggunakan deterjen khusus untuk mobil. Ikuti petunjuk pemakaian dan perbandingan deterjen dengan air
Untuk mengeringkan mobil, gunakan lap katun yang bersih dan kering atau chamois sintetis. Letakkan lap ke permukaan yang dikeringkan. Diamkan beberapa saat agar lap atau chamois menyerap air. Ganti lap lain dan lakukan cara seperti di atas untuk menyerap air yang tersisa. Jangan mengeringkan permukaan dengan cara megusap. Lakukan cara seperti itu hingga seluruh permukaan kering. Bukalah pintu-pintu, kap mesin dan bagasi untuk menghilangkan air yang menetes ke dalam. Selamat mencuci mobil!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar